4 Tips Memilih Produk Air Cooler yang Baik dan Tepat, Terapkan Yuk!

Salah satu jenis produk air cooler

Produk air cooler atau pendingin udara saat ini memang banyak diburu masyarakat. Produk alternatif selain Air Conditioner (AC) ini memang menarik karena lebih murah dan ramah lingkungan. Karena begitu besarnya permintaan publik terhadap air cooler membuat banyak produsen kemudian memproduksi produk ini. Walhasil kita pun saat ini bisa mendapati banyak brand atau merk di pasaran. Tentu Anda sebagai konsumen ingin mendapatkan produk air cooler yang terbaik. Dari sini maka Anda yang ingin memperoleh produk air cooler terbaik bisa menerapkan empat tips berikut ini. Kalau Anda mau tau lebih jauh tentang air cooler, silakan cek apa itu air cooler / pengertian air cooler?
 
1.    Pilih Jenis Air Cooler yang Sesuai
Tips pertama untuk membeli produk air cooler adalah dengan menyesuaikan kebutuhan dengan jenis air cooler. Air cooler memang memiliki dua varian yakni air cooler portable dan air cooler evaporative. Jika memang kebutuhan Anda hanya untuk mendinginkan ruangan kecil, maka air cooler portabel sudah cukup dan bisa dipilih. Selain lebih murah dan hemat listrik, air cooler portabel yang memiliki ukuran kecil juga bisa dengan mudah dipindah-pindahkan. Sementara itu Anda yang memiliki kebutuhan pendingin ruangan yang lebih besar maka jenis air cooler evaporative yang harus dipilih. Namun untuk membeli air cooler evaporative ini Anda harus menyiapkan dana yang lebih besar.

2.    Perhatikan Fitur Air Cooler
Berikutnya, tips memilih air cooler yang baik dan benar adalah dengan memperhatikan fiturnya. Setiap produk air cooler memang memiliki fitur yang berbeda-beda. Maka dari itu sebelum memutuskan membali salah satu air cooler, Anda wajib menyeleksinya dengan seksama. Produk air cooler yang baik sendiri memiliki fitur yang lengkap seperti :
  • Automatic water level controller, berfungsi mencegah air luber dan juga melakukan pengaturan level air secara otomatis.
  • Speed controller, berfungsi mengatur kecepatan kipas.
  • Timer, berfungsi untuk melakukan pengaturan waktu mati pada air cooler yang sedang bekerja.
  • Automatic shutoff dampers, berfungsi membuka atau menutup flap menyesuaikan keadaan kipas supaya udara dingin tidak terbuang percuma.
  • Remote control, berfungsi mengatur segala fitur yang ada tadi dari jarak jauh melalui sebuah alat.

3.    Pastikan Merk Air Cooler yang Sudah Populer
Selanjutnya, tips memilih air cooler yang baik dan tepat adalah dengan memastikan memilih merk yang populer. Merk atau brand dari air cooler memang bisa menjadi tanda bahwa produk yang Anda beli benar-benar baik dan berkualitas. Diantara brand atau merk air cooler yang populer dan ternama yang bisa Anda beli antara lain Sanyo, Sharp, Midea, Sanken, Mayaka dan Tori. Selain akan mendapatkan mutu dan kualitas yang baik, dengan membeli merk ternama Anda juga akan dimudahkan untuk mencari spare parts ketika melakukan perbaikan.

4.    Pastikan Harga Sesuai dengan Kebutuhan
Terakhir, tips membeli produk air cooler yang tepat adalah dengan memastikan harga sesuai kebutuhan Anda. Dengan adanya dua jenis dan beragam merk, tentu ada harga yang berbeda-beda dari produk air cooler. Nah untuk memilih harga yang tepat, Anda bisa menyesuikan dengan kebutuhan. Misalnya, Anda hanya ingin mendinginkan ruangan yang tidak teralu besar, maka memilih air cooler portabel yang harganya lebih murah sudah lebih dari cukup. Tapi bila memang Anda ingin mendinginkan ruangan yang lebih besar, maka pilihan air cooler evaporative dengan harga mahal harus Anda pilih. Pilihan merk juga bisa mempengaruhi harga dari air cooler. Jadi sesuaikan saja budget Anda dengan merk yang akan Anda beli. Pastikan mendapat air cooler yang awet dan tahan lama dari merk yang dibeli.
Latest
Previous
Next Post »