Persiapan Utama Dalam Menyambut Ramadhan

foto:dakwatuna.com


Satu tahun rasanya cepat sekali, tak terasa kalau sebentar lagi Ramadhan, bulan yang ditunggu-tunggu umat islam. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan agung serta satu-satunya bulan yang tercantum dalam Al-Qur’an. Karena itu, sebagai umat muslim yang merindukannya, sebaiknya mempersiapkan diri dalam menyambutnya. 

Persiapan menyambut bulan ramadhan itu menjadi langkah yang menentukan berhasil atau tidaknya seseorang meraih keutamaan-keutamaan di bulan suci ini. Setidaknya terdapat dua alasan kenapa kamu harus menyiapkan diri menyambut ramadhan. Berikut ulasannya!

Sebagaimana Sikap Rasulullah
Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadis dari Anas r.a. dengan sanad lemah. Saat memasuki bulan Rajab, Nabi Muhammad SAW berdo’a “Ya Allah berkahi kita di bulan Rajab dan Sya’ban ini, serta sampaikan kita hingga bulan ramadhan.” (HR. Tirmidzi dan Al Darimi). 

Bahkan dulu sahabat Rasulullah berdoa kepada Allah 6 bulan sebelum kedatangan bulan ramadhan supaya Allah menyampaikan umur mereka hingga bulan suci tiba. Selain itu, mereka juga berdoa selama 6 bulan supaya Allah menerima semua amal ibadah mereka pada bulan ramadhan. Rasulullah dan sahabatnya yang soleh saja mempersiapkan dirinya jauh-jauh hari untuk ramadhan, maka semestinya kita melakukan hal yang sama. 

Merujuk Pada Posisi Ramadhan Sebagai Tamu Allah
Alasan yang kedua adalah merujuk pada ramadhan dihadirkan oleh Allah untuk membuat manusia bertaqwa. Sebagaimana yang disebutkan dalam QS. Al-Baqarah ayat 183. Atas visi ketaqwaan itu, ramadhan sebagai media yang penting sekali untuk mengupgrade kualitas manusia dalam meningkatkan derajatnya di mata Allah SWT. Karena itulah ramadhan bisa dikatakan sebagai tamu Allah yang sangat penting. Sudah sepantasnya anda menyiapkan diri menyambut bulan suci.

Previous
Next Post »