Manfaat Jeruk Nipis untuk Organ-Organ Tubuh



foto:pondokibu.com


Menurut American Diabetes Association, manfaat jeruk nipis dan buah sitrus lainnya dianggap sebagai makanan pengganti pada penderita diabetes karena sejumlah alasan. Terutama, serat larut dalam kadar tinggi yang ditemukan di jeruk nipis mampu membantu mengatur penyerapan gula dalam tubuh ke dalam aliran darah. Mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan langkah serius bagi pasien diabetes. 

manfaat jeruk nipis juga memiliki indeks glikemik rendah yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar glukosa tidak terduga. Selain meringankan gejala diabetes, manfaat jeruk nipis juga mencakup pada organ jantung. Serat larut yang sama, diaman dapat membantu penderita diabetes mempertahankan kadar gula darahnya juga bisa menurunkan tekanan darah dan menghilangkan adanya kolesterol LDL (kolesterol jahat). 

Selanjutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pembuluh darah yang merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Selain vitamin C, jeruk nipis mengandung senyawa khusus yang disebut flavonoid (limonoida seperti limonin glukosida) yang memiliki sifat antioksidan, anti karsinogenik, antibiotik, dan detoksifikasi yang merangsang proses penyembuhan ulkus peptik dan oral.

Minyak kaya flavonoid yang diekstraksi dari jeruk nipis banyak digunakan dalam obat anti-kongestif seperti balsem, alat penguap, dan inhaler karena adanya Kaempferol. Hanya menggaruk kulit jeruk nipis dan menghirupnya akan segera menghilangkan rasa mual dan pusing. Manfaat jeruk nipis lainnya juga meredakan arthritis. Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan penumpukan asam urat dalam tubuh. 

Asam urat adalah salah satu produk limbah buang air kecil normal dari tubuh. Tapi sayangnya, jika terlalu banyak menumpuk, bisa membuat rasa sakit dan pembengkakan artritis semakin parah. Asam sitrat yang ditemukan dalam jeruk nipis merupakan pelarut asam urat dalam tubuh dan dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Buah jeruk secara umum, memiliki khasiat antiinflamasi dan dapat digunakan untuk sejumlah masalah inflamasi atau peradangan. 

Vitamin C dalam jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan yang melindungi mata dari penuaan dan degenerasi makula. Selain itu, flavonoid membantu melindungi mata dari infeksi. Jika seseorang menderita demam, mengkonsumsi jeruk nipis adalah langkah tepat. Buah jeruk, secara umum, memiliki kualitas mengurangi demam karena vitamin C di dalamnya secara alami menurunkan suhu tubuh.

Sekarang, bagaimana dengan Anda setelah mengetahui manfaat jeruk nipis? Masih menghindarinya karena rasa asamnya itu. Tapi, bila ingin mengkonsumsinya jangan berlebihan, secukupnya saja.


Previous
Next Post »