Mengenal Aneka Jenis Kain Tenun Kebanggaan Indonesia


Kekayaan budaya Indonesia memang senantiasa menarik untuk dipelajari. Bukan hanya soal kesenian atau adat istiadat saja, keberadaan kain tenun khas tanah air juga sangat beragam. Kain tenun menjadi salah satu jenis oleh-oleh populer yang mampu mencerminkan kebudayaan tempat asalnya.
Jika kita termasuk orang yang hobi mengoleksi aneka kain tenun khas Indonesia, maka aneka jenis kain tenun ini tak boleh kita lewatkan saat berkeliling ke berbagai daerah di tanah air :
Ulos
foto:indonesia.travel

Siapa sih yang tak mengenal kain tenun khas Sumatera Utara yang satu ini. Ulos asli dibuat dari benang berkualitas tinggi dengan teknik tenun konvensional, tanpa mesin. Warna-warna yang sering dipakai untuk membuat ulos adalah hitam, merah, dan putih. Biasanya masyarakat suku Batak menggunakan ulos dengan pola tertentu ketika memperingati upacara kematian, pernikahan, dan sejumlah momen penting lainnya.
Tenun Lurik
Jawa juga memiliki variasi kain tenun istimewa yang disebut tenun lurik. Beberapa kota di Jawa Tengah seperti Yogyakarta dan Solo cukup terkenal dengan produk tenun luriknya. Bahkan tenun lurik diklaim sudah digunakan sejak zaman dahulu. Hal ini dibuktikan pada prasasti peninggalan kerajaan Mataram. Pemakaian tenun lurik juga sering ditemukan pada arca-arca serta relief candi di kawasan Pulau Jawa.
Tenun Toraja
Dahulu, kain tenun Toraja hanya bisa dimiliki oleh keluarga bangsawan atau masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas. Karena harganya yang sangat mahal dan menunjukkan status sosial penggunanya. Kini kain tenun Toraja masih mempertahankan motif dan cara pembuatan konvensional yang khas.
Songket Palembang
Popularitas songket Palembang kian menanjak sejak para desainer Indonesia memadukannya dengan model pakaian bergaya kekinian. Hasilnya, songket Palembang kelihatan semakin mewah dan nilai jualnya pun meningkat. Bahkan kini songket Palembang juga kerap divariasikan menjadi aneka jenis busana muslim yang menarik dan elegan.

Bila ingin membeli keeempat kain tenun tersebut, kita bisa mendapatkannya saat berlibur ke berbagai daerah di Indonesia. Jangan lupa menyiapkan asuransi perjalanan yang berkualitas unutk melindungi perjalanan kita. Kita bisa mendapatkan daftar merek asuransi perjalanan di website Futuready. Supermarket asuransi ini memang memiliki pilihan asuransi perjalanan yang sangat beragam. Yuk siapkan rencana perjalanan yang aman dan nyaman untuk berburu kain tenun khas tanah air.
Previous
Next Post »