Sistem Pembayaran Belanja Online Yang Praktis

Siapa sih di zaman sekarang yang tidak pernah berbelanja online? hampir sebagian besar pasti pernah apalagi yang terbiasa menggunakan smartphone dan internet. Seringkali, ketika membeli barang di e-commerce, kita diberikan pilihan pembayaran. Ada yang lewat transfer bank, kartu kredit, uang tunai online dan setoran di tempat tertentu. Beragam pilihan pembayaran ini dimaksudkan untuk semakin memudahakn pembeli dalam bertransaksi. Dari sekian banyak pilihan pembayaran, ada beberapa jenis pembayaran yang menurut saya praktis dan mudah dilakukan.
Sistem Pembayaran Belanja Online Yang Praktis
ilustrasi foto:plusword.org
Uang Elektronik/E-Money
Uang elektronik merupakan uang yang dipakai untuk keperluan transaksi internet misalnya untuk pembayaran barang atau jasa. Untuk bisa memiliki uang elektronik ini, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu di penyedia jasa layanan uang elektronik. Saat ini sudah ada beberapa media yang memebrikan layanan uang elektronik seperti Dompetku plus. Setelah memiliki akun, pengguna harus mengisi saldo agar bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Pada penggunaan uang elektronik melibatkan 3 komponen yaitu pengguna, media layanan dan pembeli. Selain dapat digunakan untuk membayar belanjaan online, juga bisa digunakan untuk transfer uang kepada orang lain misalnya saudara yang berada di luar kota.

Internet Banking
Bagi yang sudah punya rekening, akan semakin mudah ketika ingin melakukan pembayaran belanja online. Tidak harus repot pergi ke ATM untuk bisa mentransfer uang pembayaran, cukup gunakan layanan internet banking saja, maka transaksi sudah bisa dilakukan. Agar lebih praktis, lakukan download aplikasi i-banking sesuai bank tempat anda membuka rekening pada gadget yang sering digunakan seperti smartphone, tablet atau laptop.

SMS Banking
Tidak punya gadget yang mendukung untuk melakukan internet banking? jangan khawatir karena ada opsi lain yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran yaitu dengan SMS banking. Saat ingin mentransfer uang atau pembayaran dengan SMS banking, ketik sesuai format dan kirim ke nomor layanan transaksi pembayaran bank. Terakhir ikuti langkah selanjutnya dan lakukan konfirmasi jika jumlah dan tujuan transfer sudah benar. Anda akan mendapat pemberitahuan jika transfer berhasil dilakukan. Jangan lupa untuk memastikan pulsa anda cukup saat melakukan transaksi SMS banking.

Demikian pembayaran online yang menurut saya praktis dan mudah dilakukan, saya sendiri lebih sering menggunakan layanan SMS banking terutama jika memang tidak bisa keluar rumah atau pergi ke ATM, bagaimana dengan anda? Apa jenis pembayaran yang sering anda pilih saat melakukan pembayaran online?
Previous
Next Post »